Minggu, 12 Juni 2011

Bahan Kain untuk aktivitas anak anda

 
MERONCE BENTUK

Selain merangsang motorik halus, saat meronce aneka bentuk anak dapat melatih untuk berpikir, memahami dan melihat bagaimana sebuah tali dapat masuk ke lubang yang kecil.
Aktivitas ini dapat mengasah kesabaran anak mencari pemecahan masalah. Juga dapat melatih koordinasi mata dan tangan anak. Cocok untuk usia 3 - 5 tahun. Harga per buah Rp. 50.000,-
Cara Bermain:
1. Tunjukkan pada anak bagaimana cara meronce yaitu memasukkan bentuk-bentuk tersebut ke dalam sebuah tali.
2. Minta anak untuk mencobanya dengan memasukkan bentuk-bentuk tersebut satu per satu.
3. Ajak anak untuk bersabar ketika menemui kesulitan saat meronce

BANTAL CERITA

Digunakan sebagai media bagi orangtua untuk bercerita atau mendongeng. Dapat membantu menguatkan cerita, kesan dan pesan yang ingin disampaikan orangtua. Anak-anak juga bisa memainkan sendiri boneka jarinya dan bisa membuat cerita sendiri dengan memainkan peran bersama teman-temannya. Aktivitas ini dapat mengembangkan kemampuan berbahasa mereka. Cocok untuk usia 2 tahun ke atas.
Harga per buah Rp. 75.000,-

Cara Bermain:
1. Siapkan bahan cerita yang akan didongengkan. Pilih setting cerita di waktu malam atau siang. Jika cerita tersebut malam hari gunakan background bantal dengan warna abu-abu.
2. Mulailah cerita dengan menyebut waktunya. Misalnya: "Pada suatu malam yang cerah, bulan dan bintang bersinar dengan terang..." Kalimat tersebut diucapkan sambil meletakkan bulan dan bintang di bantal. Demikian seterusnya sampai satu persatu binatang keluar.
3. Atau bisa memulai cerita dengan menyebutkan lokasinya. Misalnya: "Di sebuah hutan yang lebat..." Kalimat tersebut diucapkan sambil meletakkan potongan-potongan pohon dan semak-semak. Demikian seterusnya.
4. Anak juga dapat memainkan sendiri bantal cerita ini bersama teman-temannya. Berikan kebebasan kepada anak untuk berkreasi membuat cerita sendiri dan memainkan binatang-binatang tersebut sekehendak hatinya.

 


MENJAHIT BAJU PLUS

Mainan ini terdiri dari 4 permainan yaitu menjahit, pasang kancing, resleting dan merekatkan ikat pinggang. Selain merangsang motorik halus, mainan ini dapat melatih tangan anak menjadi lentur. Tangan anak yang lentur sangat berguna saat anak mulai belajar menulis kelak. Cocok untuk usia 3 - 5 tahun.
Harga per buah Rp. 50.000,-

Cara Bermain:
1. Tumpuk 2 lembar kain yang telah disediakan, dengan bagian yang ada resletingnya di bagian belakang dan bagian yang ada kancingnya di bagian depan.
2. Ambil tali yang sudah disediakan dan mulailah menjahit dengan memasukkan tali tersebut ke lubang-lubang yang tersedia sampai kedua kain tersebut menyatu dan berbentuk baju.
3. Dampingi dan ajari anak Anda karena untuk pertama kali mungkin anak masih canggung dan belum tahu cara yang benar memasukkan tali ke dalam lubang. Berilah contoh untuk satu kali putaran hingga anak mulai bisa sendiri.
4. Tantanglah anak untuk menjahit lebih cepat dan cepat lagi.
5. Selesai menjahit, cobalah minta anak Anda untuk memasang kancing, resleting dan ikat pinggang.
6. Setelah semua rapi, mintalah anak untuk melepas resleting, kancing dan ikat pinggang.
Terakhir lepaskan tali hingga kedua kain menjadi terpisah kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar